Friday, 23 May 2014

Kembali Menuju Cita-cita Kemerdekaan



Sejarah telah membuktikan perjuangan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Namun sebelum merasakan kemeredekan yang hari ini kita rasakan sejenak kita kembali pada sejarah terbentuknya NKRI. Abad 16sekitar tahun 1596 Belanda pertama kali datang ke Nusantara , melakukan ekspansi namundapat digagalkan, dua tahun kemudian Belanda datang kembali namun dengan membawa strategi politik devide et empire mengatasnamakan kerrjasama dagang. Namun pada saat itulah Belanda  memulai melakukan pejajahan kepada Pribumi dan melakukan politik adu dombanya kepada raja-raja nusantara.
Ratusan tahun penjajahan oleh belanda, mengeruk kekayaan alam Nusantara sehingga muncul politik etis atau yang kita kenal politik balas budi. Dari politik ini menghasilkan tuntutan irigrasi, transmigrasi dan edukasi. Meskipun politik etis ini ternyata hanya menguntungkan golongan asing dan ningrat, setidaknya muncul berbagai pelajar ningrat pribumi yang sadar akan penjajahan dan imprealisme ini. Dari sinilah awal pergerakan pribumi membangun pendidikan dan pencerdasarn melalui Budi Utomo yang berarti mengutamakan akal. Dari pergerakan ini muncul bermacam pergerakan golongan agama, dan kedaerahan. Seiring berjalannya waktu banyaknya pergerakan daerah dan pemuda sehingga muncul gagasan untuk persatuan dan kesatuan untuk membangun suatu bangsa. Gagasan ini terlealisir pada tanggal 28 Oktober 1928 untuk membangun kesatuan bahwa perjuangan tidak cukup hanya dengan pergerakan oleh golongan saja, ataupun bersifat kedaerahan tetapi perlunya adanya persatuan. Inilah sebuah perjuangan sebagai tonggak Lahirnya bangsa Indonesia. Jelas dalam isi ikrar sumpah pemuda yang menyatakan Kami Putra dn Putri Indonesia Bertumpah darah satu Tanah Indonesia. Maknanya adalah tanah ini Tak lain adalah ciptaan Tuhan. Adanya ketetapan tuhan bahwa kita hidup adalah karena kehendak tuhan yang sudah diamanahkan untuk menjaga tanah ini. 2. Kami putra dan Putri ndonesia Mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia. Awalnya pergerakan yang dilakukan hanya berdasarkan kedaerahan seperti jong ambon, Jong Java, jong batak Bond dan lain-lain, akan tetapi adanya kehendak jiwa yang ingin bersatu dalam satu atap yaitu Bangsa Indonesia. Inilah membuktikan lahirnya bangsa Indonesia. 3 kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa Persatuan Bahasa Indonesia. Yan maknanya tidak ada Cuma satu bahasa Indonesia saja, tidak ada menjunjung tinggi Bahasa Indonesia saja akan tetapi menjunjung bahasa persatuan, kalau kita hanya mengucapkan menjunjung tinggi kama bahasa daerah dianggap rendah, atau hanya satu bahasa maka bahasa daerah lainnya tidak di anggap. Inilah bukti bahwa lahirnya Bangsa Indoneia.
Pergerakan para pejuang tidak sekedar hanya untuk menyatukan dan melahirkan sebuah bangsa akan tetapi untuk sebuah kata merdeka, bebas dari belenggu Imprealisme dan penjajahan asing. Untuk itu perlu adanya dasar Indonesia Merdeka. 1 Juni 1945 Ir. Soekarno menyampaikan gagasannya hasil penggalian tentang dasar Negara ataupun Walstanhung untuk mencapai jembatan emas. Maka diletakannyadan disepakatilah waktu itu Pancasila sebagai dasar Indonesia merdeka dalam menuju gerbang kemerdekaan.
Dari 1928 menuju 1945 merupakan rentetan waktu yang cukup panjang namun inilah waktu yang sesuai dimana spase tahun tersebut adalah 17 tahun. 1928 bangsa yang terlahir dan menentukan nasibnya sendiri dalam usia 17 tahun mengibratkan bahwa mulai usia dewasa kalau seorang anak manusia dalam usia 17 tahun. 17 Agustus 1945 merupakan sebuah kemerdekaan bangsa dan jelas dalam teks proklamasi yang menyatakan kemerdekaan tersebut adalah bangsa. Menurut Ki bagus Hadikusumo bangsa adalah tidak ada manusi yang terlahir yang memisahkan dengan tanahnya. Artinya bahwa bangsa tersebut adalah ikatan tanah dan pribumi. Jadi makna 17 Agustus 1945 adalah kemerdekaan bangsa yaitu rakyat dan tanahnya yang tidak ada lagi penindasan rakyat ataupun perampasan tanah rakyat dan pribumi. Ke esokan harinya baru bangsa Indonesia menetapkan membentuk suatu Negara/Pemerintahan yang tak lain dan tak bukan untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian dunia dan keadilan sosial.
Dari sejarah tersebut telah jelas bahwa filosofi yang terbangu adalah bangsa yang menentukan negara. Negara tersebut harus berdasarkan kepada kedaulatan rakyat. Yang kata bung Hatta  kedaulatan rakyat yaitu musyawarahnya rakyat. Rakyat tidak hanya sebatas hak politik apalagi hak suara. Tetapi rakyat juga yang menentukan dan memposisikan rakyat dalam membangun aturan-aturan dasar yang berdasarkan Pancasila.
Melihat kondisi hari ini yang terjadi adalah sebuah krisis moral dan etika, kemaksiatan dapat dengan mudah kita jumpai. Kasus korupsi hampir setiap saat terupdate dalam media baik cetak maupun elektronik. Jabatan dengan mudah diselewengkan, berbicara janji dengan mudah tetapi mengingkarinya, pembicaraan-pembicaran seperti sebuah kedustaan mengatakan sesuatu padahal tidak sesuai dengan prilakunya. Kasus kenakalan remaja, sek bebas, tawuran dan narkoba merajalela. Pendidikan seperti ibarat perusahaan jasa yang menyiapkan tenaga kuli dan tukang untuk perusahaan-perusahaan yang lebih kepada keuntungan bukan beradasrkan asas manfaat dan kekeluargaan. Birokrasi-birokrasi yang semakin dipersulit dengan persyaratan yang terkadang menyusahkan masyarakat sehingga masyarakat lebih memilih menyuap ataupun memberi uang pelicin untuk mempermudah birokrasi. Bank-bank kian hari semakin banyak ini membuktikan bahwa suburnya tingkat kapitalisme dinegeri ini. Ambisi para calon pejabat yang menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkan kursi pejabat.inilah bentuk krisis hari ini kita semakin dilupakan dengan sejarah. Pemikiran Founding Father dibilang tidak sesuai dengan perkembangan zaman maka para Komprador melakukan amandemen UUD 1945 yang jelas jelas bertentangan dengan kebenaran lintasan sejarah bangsa Indonesia.
Apakah kita yang berkhianat pada Para Founding father dan Pancasila sehingga kita lupa untuk menerapkan apa yang diamanahkan bapak pendiri bangsa melalui Pembukaan UUD45 dan batang UUD’45. Demokrasi hari ini tak lebih dari UUDS dengan sistem multipartaiyang ternyata membuat bangsa ini semakin terpecah-pecah. Pemilihan pemimpin berdasarkan banyak-banyakan suara, jumlah kepala bukan isi kepala. Padahal jelas dalam menyelesaikan permasalahan dunia lakukan dengan Musyawarah. Dimana Rakyatlah yang bermusyawarah yang menentukan hidupnya . bermusyawarah berjenjang keatas dari RT/RW hingga tingkat nasional. Maka dalam UUD 1945 yang ori, menyatakan bahwa kedaulatan ialah ditangan Rakyat dan dilakukansepenuhnya oelah Majeleis Permusyawaratan. Rakyat bermusyawarah berjenjang keatas dalam membangun aturan-aturan dasar. Jika kedaulatan tidak tegak rakyat akan menuntut kepada MPR selaku mendataris dari rakyat.
Disinilah rakyat diposisikan dalam menyampaikan aspirasinya tidak hanya sekedar hak politik tetapi ekonomi, sosial, agama, pendidikan, dan kebudayaan. Yang menjadi cita-cita bangsa untuk menjadikan rakyat yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

1 comment:

  1. SELAMAT Menjalankan Ibadah Puasa di TAHUN BARU 2014..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP :
    081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    ReplyDelete